10/07/12

syarat menjadi


Syarat menjadi guru yang pertama adalah tulus. Tulus tidak mungkin diamalkan tanpa kemandirian. Maka syarat menjadi guru berikutnya adalah mandiri.

Kemandirian yang paling pokok adalah kemandirian ekonomi. Tidak mandiri secara ekonomi, guru akan kehilangan komitmen amongnya, tidak lagi memusatkan perhatian pada anak, dan lunturlah ketulusannya. Bila guru mandiri secara ekonomi, keyakinannya akan selalu bertambah dan bertambah mantap.

Ketulusan dan keyakinan ini adalah syarat dan modal utama untuk menjadi guru. Ketulusan dan keyakinan ini pula yang mula-mula ditransfer guru kepada murid-muridnya. Adapun materi kurikuler adalah urusan sekunder. Murid yang tulus dan yakin adalah murid yang mandiri adalah murid yang mempunyai semangat belajar dan semangat hidup yang tinggi. Ia akan belajar sendiri, dengan cara dan gayanya sendiri, menurut cita-cita dan batas kemampuannya sendiri.

Tetapi itu bukan berarti guru lepas tangan sama sekali terhadap pengajaran materi kurikuler dan peningkatan kompetensi intelektual murid. Guru tetap memupuk potensi kognitifnya. Namun, ada yang lebih esensial ketimbang memupuk potensi kognitif, yaitu mengajarkan ketulusan dan keyakinan; mengajarkan agama, karena agama identik dengan ketulusan dan keyakinan; mengajarkan kemahaesaan tuhan (tauhid).

Yogyakarta, 9 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon hanya memberi komentar berupa kritik yang membangun. dimohon pula untuk memberi komentar yang tidak melecehkan nama baik pihak tertentu. salam